Tuesday, March 17, 2015

Susunan Acara Akad Nikah Yang Perlu Diketahui

Share & Comment
Susunan Acara Akad Nikah Yang Perlu Diketahui - Pernikahan merupakan salah satu hal yang diimpikan banyak orang. Ketika pelaksanaannya banyak orang yang merencakana acara yang meriah agar bisa berkesan pada setiap orang yang datang.

Ada banyak rangkaian acara dalam setiap pernikahan yang perlu di lalui, salah satunya adalah saat Akad Nikah. Akad Nikah memiliki susunan acara pernikahan yang sangat rumit karena disitulah sebuah janji atau ijab qabul akan dilaksanakan.



Umumnya akad nikah selalu menjadi acara pembuka yang dilakukan oleh setiap pasangan pengantin serta biasanya selalu dilakukan sekitar 3 hingga 4 jam sebelum resepsi dilaksanakan.

Susunan Acara Akad Nikah Yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang ingin seperti apa acara yang selalu ada dalam ijab qabul, berikut susunan acara pernikahan saat akad nikah yang perlu Anda ketahui.


  • - Acara pertama yang dilakukan saat ijab qabul adalah penyambutan calon penganyin pria beserta rombongannya. Biasanya pada pennyambutan ini mempelai pria akan dikalungi kalung yang terbuat dari bunga dan dibawa untuk memasuki ruangan.
  • - Setelah proses penyambutan, terlebih dahulu mempelai harus melakukan proses seserahan dari pihak pria kepada pihak wanita. Biasanya dalam seserahan ini, mempelai pria memberikan berbagai barang, uang dan makanan serta beberapa barang yang akan dijadikan mahar atau mas kawin.
  • Setelah proses seserahan terjadi, maka biasanya mertua dari calon perempuan menanyakan maksud dan tujuan sang calon menantu secara lisan. Setelah proses ini terjadi, maka seserahan pun diserahkan secara simbolis dari mempelai pria kepada mempelai wanita.
  • Setelah semua acara tersebut berlangsung dengan lancar, maka prosesi Akad Nikah pun telah menunggu. Pada proses Akad Nikah, kedua mempelai duduk berdampingan dengan diiringi beberapa doa serta kepala keduanya di tutupi oleh selendang putih.
  • Pada proses Akad Nikah ini, banyak element yang di ikutkan seperti Penghulu, Orang Tua dari kedua mempelai serta Saksi-saksi baik dari lingkungan sekitar hingga petugas atau RT/RW sekitar.
  • Jika ketetapan hati kedua mempelai dan kedua orang tuanya sudah setuju, maka proses Akad Nikah pun dilaksanakan dengan khidmat dimana sang mempelai pria mengucapkan sebuah janji untuk meresmikan pernikahan tersebut.
  • - Setelah Ijab Qabul dilaksanakan dengan lancar, maka selanjutnya kedua mempelai pun diharuskan menandatangani buku nikah yang menjadi bukti bahwa pernikahan kedua pasangan tersebut telah sah baik secara agama maupun negara.
  • - Setelah rangkaian acara Ijab Qabul hingga doa selesai, acara selanjutnya yang harus dilalui oleh setiap mempelai adalah sungkeman. Pada tahap sungkeman, biasanya menjadi salah satu moment yang snagta mengharukan karena kedua mempelai harus melakukannya kepada kedua orang tua yang notabene sudah menjadi salah satu bagian dalam hidup kita.


Pada proses sungkeman ini menggambarkan bahwa kedua orang tua telah ikhlas dan rela melepas anaknya untuk menjalani sebuah kehidupan baru bersama. Setelah susunan acara pernikahan tersebut selesai, biasanya kedua mempelai langsung berganti busana pernikahan dan bersiap menyambut acara resepsi.(Rias Pengantin Bogor)
Tags:

Written by

Ibu Hajjah Suhartiningsih. Perias Pengantin Berpengalaman lebih 15 Tahun.
Hubungi 0821-1397-7536 mengenai Rias Pengantin, Upacara Adat dan Sarana Pesta.

0 comments:

Post a Comment

 

Artikel Terpopuler

FB Rias Pengantin

Tambah Teman

Kenapa Rias Pengantin Bogor?

Kami Rias Pengantin Berpengalaman | Perias Profesional | Tata Rias Berkualitas | Pelaksanaan Memuaskan | Harga Bersaing |

Ikuti Rias Pengantin

Copyright © RiasPengantin Bogor | Designed by Templateism.com | Published by Free blogger Templates