Saturday, March 14, 2015

Benda Yang Biasa Dijadikan Mahar Pernikahan

Share & Comment
Benda Yang Biasa Dijadikan Mahar Pernikahan - Mahar atau mas kawin adalah barang atau harta yang diberikan oleh seorang mempelai laki-laki kepada mempelai wanita dalam sebuah pernikahan. Selain sebagai tradisi, pemberian mahar ini merupakan sebuah persyaratan yang harus di penuhi sebelum pernikahan dilakukan.


Umumnya tradisi memberikan mahar ini selalu ada dalam budaya dan tradisi pernikahan secara Islami, terlebih dalam penyebutan ijab qabul mahar menjadi syarat utamanya.

Selain sebuah pemberian untuk mempelai wanita, mahar pernikahan atau mas kawin juga dapat diartikan sebagai sebauha transaksi jual beli antara pihak keluarga wanita kepada pihak keluarga sang perempuan.

Dalam pemberian mahar, secara hukum dan agama tidak ada peraturan khusus dan ukuran atau patokan pasti yang mengharuskan seseorang memberikan mahar dalam sebuah jumlah tertentu.

Hal tersebut dikarenakan, jika di patok dengan jumlah tertentu pastinya banyak orang yang merasa keberatan dan sebagian orang akan menganggap pernikahan merupakan sebuah hal yang sangatlah mudah untuk di lakukan.

Bagi sebagian orang, mahar atau mas kawin umumnya selalu dalam bentuk barang yang diukur dari kemampuan finansialnya serta dari kesepakatan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Benda Yang Biasa Dijadikan Mahar Pernikahan

Bagi Anda yang ingin mengetahui barang apa saja yang biasanya selalu dijadikan mas kawin, berikut 3 jenis barang yang biasa dijadikan mahar pernikahan.

1. Perhiasan

Segala sesuatu yang berbentuk perhiasan baik itu emas, perak, intan, berlian dan jenis lainnya selalu digunakan oleh sebagian orang untuk dipersembahkan kepada mempelai wanita dalam bentuk mahar.

Meskipun selalu memiliki nilai yang tidak sedikit, alasan perhiasan selalu dipilih karena banyak orang yang berpikir bahwa suatu saat nanti, perhiasan tersebut bisa dijual kembali apabila ada keadaan yang darurat yang tentu saja atas izin dari sang isteri terlebih dahulu.

Selain simple dan indah, perhiasan juga menjadi salah satu barang yang disukai oleh wanita, maka tidak heran jika banyak lelaki yang memilih perhiasan baik emas maupun perak untuk sebuah mahar.

2. Uang

Selain perhiasan, Uang juga menjadi salah satu barang yang dipilih banyak orang untuk dijadikan sebagai mahar dalam sebuah pernikahan.

Umumnya, jumlah dan nominal uang selalu dipilih orang berdasarkan ketetapan tanggal pernikahan atau angka yang dipilih dan memiliki makna serta arti bagi kedua pasangan seperti hari ulang tahun, atau tanggal anniversarry.

Selain menetapkan jumlah berdasarkan angka keramat, uang juga banyak dipilih karena dapat dikreasikan kedalam berbagai bentuk agar terlihat lebih menarik seperti dibentuk menyerupai angsa, bangunan dan lainnya.

3. Alat Sholat

Salah satu barang yang harus dan selalu ada dalam pernikahan khususnya secara islami adalah seperangkat alat sholat. Peralatan ibadah ini haruslah ada meskipun tidak ada patokan khusus yang mewajibkannya.

Untuk kelengkapannya, peralatan shalat biasanya berisikan sejadah, baju koko, sarung, mukena dan Al-Qur’an yang selalu dihias dalam bentuk parcel cantik di hari pernikahan.

Itulah 3 jenis mahar pernikahan yang umum digunakan dalam pernikahan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan adanya ketiga jenis mahar tersebut, sebuah pernikahan pun akan lebih sakral dan sah baik dimata agama maupun negara.(Rias Pengantin Bogor)
Tags:

Written by

Ibu Hajjah Suhartiningsih. Perias Pengantin Berpengalaman lebih 15 Tahun.
Hubungi 0821-1397-7536 mengenai Rias Pengantin, Upacara Adat dan Sarana Pesta.

0 comments:

Post a Comment

 

Artikel Terpopuler

FB Rias Pengantin

Tambah Teman

Kenapa Rias Pengantin Bogor?

Kami Rias Pengantin Berpengalaman | Perias Profesional | Tata Rias Berkualitas | Pelaksanaan Memuaskan | Harga Bersaing |

Ikuti Rias Pengantin

Copyright © RiasPengantin Bogor | Designed by Templateism.com | Published by Free blogger Templates